Senin, 08 Januari 2018

GOWES JELAJAH LERENG GUNUNG PENANGGUNGAN

Gowes jelajah di lereng dan hutan gunung penanggungan
     Pagi ini di pekan pertama awal tahun 2018 di bulan januari , Saya bergowes ria ke lereng gunung penanggungan , dengan rute pandaan ke japanan lalu belok kiri arah ngoro mojokerto, tepat di sebelah pusdik watu kosek tepatnya di bawah gunung prau, mampir ke goa jepang , goa jepang sendiri disini ada 12 goa yang ditemukan

namun menurut cerita beberapa goa tertimbun tanah dan beberapa telah ditemukan dan digali oleh warga setempat , hinggah kini goa jepang gempol kini menjadi tujuan wisata sejarah , pada minggu pagi ini saya bersama teman teman gowes mampir kesini  diantaranya ada Cak Supriadi Bola, Pak Edi Prayitno , Cak Urip, om Rijal dan om Sony Irawan dari surabaya , untuk masuk ke wisata goa jepang sendiri ditarik retribusi 2000 rupiah saja ,
   Setelah puas gowes di goa jepang dan potro potro , kami melanjutkan gowes arah ngoro mojokerto
tujuanya adlah candi jedong ngoro mojokerto.
       Jarak antara goa jepang dengan candi jedong sekitar 10 km , kami gowes dengan santai dari goa jepang pukul 07.00 samnpai di jedong pukul 7.45 ,, maklum selepas dari jalur utama ngoro  belok kiri jalanan mulai naik ,  Candi jedong sendiri berupa sebua gapura yang terbuat dari batuan namun ada campuran batu bata ukuran besar , menurut keterangan di papan ,candi jedong dibangun pada masa kerajaan mataram , jauh sebelum kerajaan majamahit , berarti candi ini berdiri sebelum candi candi jaman kerajaan majapahit.
     Setelah berswafoto di candi jedong , gowes kami lanjutkan ke candi jolotundo , namun bukan melalui jalan ngoro -seloliman  yang beraspal ,, namun jalan gunung yang berbatuan  terjal ,, wuiii,, medan yang cukup berat , sedikit licin dengan kanan jurang ,, harus extra hati hati ,, kuat dipancal gak kuat dituntun ,,, gak kuat  nuntun tinggal ngopi .. hehehhe...

Namun udara di hutan lereng penanggungan sangat sejuk sekali ,, adem ,,,, dan pemandangan yang sangat alami ,,,  membuat kami betah berlama lama ,,, tak  lupa kamipun berswafoto di hutan ini ,, jarak antara jedong dengan jolotundo sekitar 15 km jika lewat jalan beraspal estimasi waktu sekitar 45 menit , namun jika lewat alas sekitar 5 km namun lewat jalan tanjakan berbatu , estimasi waktu sekitar 2 jam ,, kebayangkan enak lewat mana ,, heheheheh,,,,
       setelah berlelah lelah di hutan sampailah di jalan utama seloliman arah ke jolotundo
   Sampai di kantor desa seloliman kami memutuskan untuk singgah di warung mkan dulu , maklum dari pagi belum terisi nasi , tak lama seporsi rujak dan segelas teh panas sudah didepan mata , tak menunggu lama langsung kami lahap , eh ternyata pedes rujaknya ,, hiaaaaa.....  setelah istirahat dan isi perut kamipun langsung dihajar tanjakan jalan naik ke jolotundo , hua,,,, ampiuuuunnn  gan ,,,,
puas juga sampai jolotundo
waktu sudah siang setelah mandi di sumber air jolotundo yang terkenal dengan kemurnian air nya kami sudah waktunya melanjutkan perjalanan untuk pulang , oh iya kami di jolotundo juga bertemu dengan teman gowes dari pandaan ,, ada om ari jose (jupred) yang sepertinya ingin ikut kami namun salah jalur ,, heheheh,,, ada juga rifky dan temanya yang naik lewat tamiajeng ...

hujan di trawas mulai turun ,,, huaaa,,,   terpaksa main air hujan ,,,,,

berhubung hujan sangat deras sekali , kamipun memutuskan untuk singgah di rumah saudarahnya om jupred di desa penanggungan , setibahnya di rumah saudarahnya om jupred kami langsung disuguhi teh panas yang sangat nikmat , juga tahu lontong yang nikmat dimakan saat hujan ,,,  dan tidak lupah ada yang menyempatkan untuk sholat duhur  ,,,

hujan tak kunjung reda,dengan terpaksa bergowes sambil main air hujan ,,,
sampai rumah pukul setengah empat soreh , karena ban sepeda saya sobek kena batu dijalan turunan , alhasil harus cari tambal ban ,, tak lupa terimaksih buat arek njetak pandaan yang berbaik hati memberikan tumpangan kepada saya untuk cari tambal ban , saya juga lupa nanyak namanya , pokoknya thanks alot ,,,, , terimaksih juga buat om jupred dan saudarahnya yang meberikan kami tempat untuk berteduh plus hidangan nikmatnya , .. thakns buat aztro rider , pak epray juga cak pri , juga rider surabaya om sony irawan , juga om rijal dan cak urip ,, semangat dan sehat selalu ..